This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Balap liar resahkan warga Gantiwarno

balap-liarGantiwarno (Espos) Aksi balapan liar marak di kawasan Desa Mutihan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten. Aksi ugal-ugalan para pengendara sepeda motor itu meresahkan warga sekitar.

Haryadi, warga Desa Mutihan mengatakan, pada awalnya, para pemuda pelaku aksi balapan liar itu sekadar nongkrong di lokasi. Tetapi, begitu mereka mendapati jalanan lengang, mereka mulai melakukan aksi balapan liar.
Aksi balapan liar itu, diakui Haryadi, meresahkan warga yang bermukim di sekitar jalan yang biasa digunakan untuk balapan. “Selain membuat bising di telinga, siapa pun yang melihatnya pasti akan merasa waswas. Mereka khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Haryadi, Minggu (20/12).
Haryadi menambahkan, dalam menjalankan aksi mereka, kawanan pemuda itu tanpa dilengkapi helm sebagai pengaman. Kondisi tersebut tentunya membahayakan pelaku balapan liar itu. Menurutnya, kawanan pemuda itu biasanya menjalankan aksi mereka pada sore hari hingga malam hari sehingga mengganggu ketenangan warga yang hendak beristirahat.
“Bayangkan, saat warga tengah tidur pulas di rumah, tiba-tiba terdengar suara motor yang memekakkan telinga. Ini sungguh sangat mengganggu kenyamanan warga,” papar Haryadi.
Camat Gantiwarno, Ir Pri Harsanto MSi, membenarkan keluhan warganya itu. Dalam beberapa waktu belakangan ini, sejumlah pemuda meresahkan warganya dengan aksi balap liar. Menurut dia, mereka nekat menjalankan aksi itu meskipun sudah berulang kali diperingatkan aparat Polsek setempat.
“Antara aparat polisi dan para pelaku balap liar itu sering terjadi aksi kucing-kucingan. Mereka sering kali berpindah-pindah tempat saat menjalankan aksi. Hal itu tentunya sangat menyulitkan aparat polisi dalam menertibkan mereka,” aku Pri.
Menurut penelusuran Pri, sebagian besar pelaku aksi balap liar itu masih berstatus pelajar. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada warganya untuk menasihati anak-anak mereka agar tidak terlibat dalam aksi yang meresahkan warga lain.
”Saya sudah sering kali menyampaikan imbauan ini pada saat bertatap muka secara langsung dengan warga. Namun kami menyadari, diperlukan kerja sama yang baik tidak hanya dari orangtua, tetapi juga kepolisian dan warga setempat untuk menanggulangi aksi balap liar tersebut,” tandas Pri. – Oleh : m82

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 22 Desember 2009 , Hal.VII


Relevan Tags:

gantIwarnO klateN (10), balap liar klaten (7), video balap liar klaten (5), balap liar tidur (3), balap liar mutihan gantiwarno (3)
iklan

Leave a Reply