This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

BKD: Empat PNS Klaten dipecat

kantor-kabupaten-klatenKlaten (Espos) Sepanjang tahun 2009, empat pegawai negeri sipil (PNS) di Klaten dipecat. Alasannya, mereka sering tidak masuk kerja alias mangkir, serta ada pula yang tersangkut kasus pidana.

Kabid Umum pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Hartanto, saat dijumpai di kantornya, Kamis (28/1), mengatakankan, tahun lalu ada 19 kasus PNS yang ditangani satuan kerja perangkat daerahnya. “Jenisnya beragam mulai yang tak masuk kerja sampai berbulan-bulan, berselisih dengan pasangan, tersangkut kasus pidana dan sebagainya,” ujarnya.
Diungkapkan dia, upaya awal dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang menimpa PNS adalah melakukan pembinaan. Namun jika setelah berkali-kali dilakukan pembinaan namun PNS bersangkutan tak menggubris, maka persoalan itu dilaporkan kepada Bupati yang bakal menetapkan sanksi. Mulai sanksi ringan, sedang, hingga berat.
Namun kasus-kasus tertentu, menurut dia, tak harus ditangani dengan memberikan sanksi. Bisa ditempuh cara lain, misalnya ada salah seorang PNS yang tak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik lantaran kondisi pendengarannya menurun, maka solusinya yang bersangkutan dialihtugaskan ke bidang lain.
Salah satu kasus yang cukup mendapat perhatian adalah keterlibatan seorang staf administrasi sebuah SMK negeri di Klaten dalam sebuah aksi perampokan. Kepada PNS itu, akhirnya diberikan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS. “Untuk kasus pidana perlu menunggu keputusan hukum tetap,” imbuhnya.
Berdasarkan data BKD, dari 19 kasus yang ditangani sepanjang tahun 2009 lalu, ada 11 kasus yang berakhir dengan pemberian sanksi berat, yakni pemberhentian atau penurunan pangkat PNS. Sementara, sebanyak empat PNS mendapat hukuman kategori sedang, seperti penundaan kenaikan gaji berkala, dua kasus diselesaikan dengan damai dan sisanya masih diproses.
Hartanto yang didampingi staf BKD, Farida, menguraikan, ada sejumlah tindakan yang diambil dalam menangani pelanggaran yang dilakukan PNS, salah satunya dengan sosialisasi peningkatan disiplin PNS. Selain itu, Pemkab membentuk tim inspeksi mendadak yang melibatkan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD). – Oleh : rei

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Jum’at, 29 Januari 2010 , Hal.VII


Relevan Tags:

pns klaten video (7), pns klaten dipecat (2), pns dipecat klaten (1), pns klaten yang dipecat (1), staf bkd klaten (1)
iklan

Leave a Reply