This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Detik-detik menegangkan itu berlalu sudah…

Menunggu hasil pemungutan suara Pilkada Klaten 2010 menyulut suasana berbeda di kediaman para calon yang bersaing. Utamanya pasangan Sunarna-Hartini dan Agus Winarno-Sri Kertati yang semula dianggap bersaing ketat. Wartawan SOLOPOS, Aries Susanto dan Rohmah Ermawati yang menjadi saksi ketegangan itu, melaporkannya dalam tulisan berikut ini.

Tenda biru yang didirikan di pelataran rumah Agus Winarno atau Agus Menco, Dukuh Bulurejo, Desa Nangsri, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Senin (20/9) senja kemarin, menjadi saksi kekalahan kandidat bupati Klaten itu. ”Rasanya kita kalah, Mas,” bisik salah seorang pendukung di samping Agus Menco yang tengah menyimak perolehan suara di selembar layar putih di bawah tenda itu.

”Tenang saja. Masih banyak laporan yang belum masuk,” sahut Menco.

Waktu terus merambat. Jarum jam menuju angka 15.00 WIB. Satu demi satu pendukung Cabup nomor urut 2 dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Klaten 2010 itu berdatangan. Ada yang langsung duduk di kursi. Ada pula yang lesehan di tikar mengambil posisi seenak mungkin. Pusat perhatian mereka adalah layar putih itu. ”Gila! Narno (Cabup Sunarna-red) menang telak di kandangnya,” celetuk salah seorang di antara mereka sambil geleng-geleng kepala.

Tak terkejar

Suara itu rupanya tak mengusik telinga Agus Menco yang berada di depannya. Menco yang sore itu mengenakan songkok hitam tetap tampak tenang sambil melipat salah satu kakinya. Namun karena lambat laun angka-angka pasangan calon nomor urut 1, Sunarna-Sri Hartini, yang tertera di layar itu seperti kian tak terkejar, semua yang hadir tampak mulai gusar. Tak terkecuali Menco.

Tak berselang lama, kandidat Cabup yang senantiasa mengusung jargon Perubahan itu berdiri dan melangkah meninggalkan tenda biru yang digeber di pelataran rumahnya itu.

”Mas Menco sepertinya ingin istirahat dulu. Mungkin kelelahan,” kata salah seorang pengawal yang mengenakan safari hitam. Tak ada yang tahu persis, apa yang dirasakan Agus Menco seusai meninggalkan para pendukungnya di bawah tenda biru yang terasa gerah itu. Satu jam berlalu, dia tak kunjung keluar rumah lagi.

Para pendukungnya pun mulai meninggalkan tenda biru itu. Sedikit yang tetap bertahan menanti dengan harap-harap cemas atas perolehan suara mereka. Namun, angka pesaing rupanya kian jauh meninggalkan.

Jam di Sekretariat DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Klaten baru beranjak sedikit dari pukul 15.00 WIB, dua jam lewat setelah tempat-tempat pemungutan suara menghentikan kegiatan, namun hasil quick count jajaran partai politik itu stabil. Perolehan suara pasangan Sunarna-Hartini tak pernah kurang dari 60%. Bahkan pukul 15.17 WIB, persentase perolehan suara pasangan calon yang mereka usung mencapai 69,07%, jauh meninggalkan Agus Winarno-Sri Kertati yang mengumpulkan 23,34% suara dan Sarjono-Agus Murtana yang kebagian 7,59% suara.

Optimisme kemenangan pun mendorong sekitar 25 kader PKS memulai aksi cukur gundul tanda syukur. ”Meski belum ada keputusan final, namun hasil quick count yang dilakukan PKS di seluruh kabupaten kami yakin cukup valid,” jelas Ketua DPD PKS Klaten, Yudi B Prabawa.

Sekretaris DPD PKS Klaten, Pardi menambahkan, kader yang mencukur gundul rambutnya sebagian besar merupakan anggota kepanduan PKS serta relawan. Ada pula dari unsur DPW PKS Jateng, yakni Bendahara DPW Listyo Nugroho yang ikut dicukur gundul. ”Karena quick count sejak siang tetap stabil, dan kalaupun ada perubahan sangat kecil, maka kami optimistis SH menang,” jelasnya.

Hampir bersamaan, di Rumah Dinas Bupati, Jl Pemuda, Klaten, tempat calon bupati petahana, Sunarna, menunggu hasil penghitungan suara. Aksi cukur gundul itu dilakukan sejumlah pendukung Sunarna-Hartini. Bahkan Sunarna sendiri yang mereka daulat mencukur rambut. Aksi serupa juga dilakukan di kediaman Hartini.

Ketua Tim Kampanye SH, Agus Riyanto, mengakui ada sejumlah kader dan relawan yang bernazar cukur gundul. ”Itu sebagai wujud syukur kemenangan calon yang kami usung.” – Oleh : Aries Susanto dan Rohmah Ermawati

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 21 September 2010 , Hal.1


Relevan Tags:

agus menco (13), agus menco klaten (6), agus winarno menco (5), rumah agus winarno klaten (2), agus menco pengawal bupati klaten (1)
iklan

Leave a Reply