This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Gondang Winangoen targetkan 2.500 pengunjung/hari

Klaten (Espos) Taman Wisata Agro Gondang Winangoen Pabrik Gula (PG) Klaten ditergetkan mampu menyedot 2.500 pengunjung setiap harinya pada Lebaran mendatang.

Angka itu merupakan satu setengah kali lipat jumlah pengunjung tahun sebelumnya, saat objek wisata itu kali pertama dibuka untuk umum.

“Saat dibuka setahun lalu, masih minim sosialisasi dan minim prasarana. Sekarang, dengan segala perbaikan dan penambahan prasarana, maka kami optimistis mampu memenuhi target 50% dari sebelumnya yang mencapai 1.700-an pengunjung,” katanya kepada Espos di ruang kerjanya, Rabu (1/9).

Dia menjelaskan, Klaten sebagai wilayah transisi antara Jogja dan Solo terkadang diabaikan oleh banyak orang. Di sisi lain, Klaten selama ini juga bukan kota yang memiliki nama melegenda seperti Solo atau Jogja. “Maka dari itulah kami akan membuka pagar yang menghalangi pandangan orang ke pabrik gula. Lalu kami bangun gapura untuk mencuri perhatian penggguna jalan Solo-Jogja,” paparnya.

Diakuinya, pemandangan PG Klaten memiliki kesan kurang mengenakkan saat dilihat dari tepi jalan. Selain terhalang rel lori dan berpagar besi-besi berkarat, juga terkesan tertutup. “Namun, kesan itu perlahan akan kami hapus. Kami akan bangun gapura, pagar kami robohkan dan home stay gaya alami kolonial Belanda kuno akan kami tampakkan,” paparnya.

Sejumlah fasilitas yang ditawarkan Wisata Agro Gondang Winangoen, kata Hanung, bukan saja permainan dan rekreasi keluarga. Namun, juga tempat tinggal, serta jelajah sejarah museum dan pembuatan gula. “Satu-satunya pabrik gula di Nusantara yang memiliki museum ya hanya di sini (PG Klaten-red). Dan ini merupakan aset yang sangat tinggi harganya,” paparnya. – Oleh : asa

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Senin, 06 September 2010 , Hal.VI


Relevan Tags:

gondang winangun klaten (13), gondang winangun (4), pabrik gula gondang (3), wisata gondang winangun klaten (2), target pengunjung gondang winangoen klaten (2)
iklan

2 Comments

  1. jaya says:

    halooo Klaten…namaku Rojaya (jaya)…aku memang bkn org Klaten tp byk tmn”ku di klaten, khususnya di Rw Jombor (indah jg tempatnya) yg membuat aku suka n ingin kembali lg ke Klaten… oya aku minta info kalo ingin mendapatkan PETA lengkap ( dgn tempat pariwisatanya) khususnya KLATEN, di toko buku mana? Soalnya aku dah keliling di toko buku Gramedia jg toko buku Gunung Agung Jakarta ndak ada. terima kasih… smga dgn terpilihnya kembali Bp. Sunarno (Bupati Klaten)…KLaten makin bersinar n lbh maju lg.

  2. Dhimas Setyo Nugroho says:

    permainan dan rekreasi yang disediakan itu apakah permainan yang saat ini sudah modern atau permainan yang SESUAI DENGAN DAYA TARIK MUSEUM PABRIK GULA  ??

Leave a Reply