This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Ini Dia Mobil dengan Kecepatan 1.610 Km/Jam!

mobil-kecepatan-tinggi

LONDON- Para pencinta kecepatan di darat tentu akan sangat senang mendengar berita ini. Kemarin, tim mekanik asal Inggris mengungkapkan sebuah model mobil yang bisa berkendara lebih cepat dari 1.000 mph atau 1.610 km/jam.

Replika mobil yang disebut dengan Bloodhound SuperSonic Car (SSC) sepanjang 12,8 meter itu adalah hasil dari kajian studi selama tiga tahun.

Model itu menjadi bintang pada Farnborough Internasional Air Show tahun ini. [More…] Tim itu juga telah mengumumkan bahwa pabrik aerospace Hampson Industries akan mulai membuat mobil itu pada kuartal pertama tahun 2011.

“Dengan adanya Hampson Industries, kami telah mengamankan proyek pembuatan separuh badan mobil. Ini menandai langkah besar dalam pengerjaan proyek ini,” papar direktur proyek Richard Noble.

“Hampson Industries adalah wakil kemakmuran keterampilan yang kita miliki di Inggris dan menggarisbawahi pentingnya mempertahankan keahlian ini”. Kesepakatan lain untuk membuat bagian depan dengan perusahaan lain juga segera menemui titik final. “Sekarang, kita sedang dalam rute memproduksi mobil ini secara utuh,” papar kepala mekanik Mark Chapman, kepada BBC.

“Kami berharap bisa membawa kendaraan ini ke jalanan di Inggris pada akhir 2011 atau awal 2012”. Dengan mengasumsikan tidak ada masalah besar yang muncul dari tes di jalanan, Bloodhound akan dibawa ke sebuah danau kering yang dikenal sebagai Hakskeen Pan, di Northern Cape Afrika Selatan, untuk memulai uji coba memecahkan rekor tercepat di daratan.

Untuk mengklaim rekor itu, mobil itu harus lebih baik dari catatan waktu yang diperoleh Thrust SuperSonic Car pada tahun 1997 silam. Mobil itu mampu melaju dengan kecepatan 763 mph atau 1.228 km/jam. Tes pertama Bloodhound akan dilakukan pada tahun 2012.

Namun, tim yakin, bentuk aerodinamik superior Bloodhound, yang dipadukan dengan tenaga roket hibrid Falcon dan mesin jet EJ200 Eurofighter-Typhoon, akan membawa mobil biru-oranye itu mencapai kecepatan lebih dari 1.000 mph (1.610 km/jam).

Beberapa uji coba mesin sudah dilakukan dan hasilnya sukses, dengan mesin yang mampu mengangkat tenaga secara penuh dengan menghasilkan daya tolak maksimal 90kN tanpa masalah. Secara total, Bloodhound memproduksi 133.159 bhp. Kekuatannya setara dengan 180 mobil Formula One.

Tiga orang yang bekerja pada Thrust juga diajak dalam proyek Bloodhound ini. Mereka adalah pengemudi Wing Car Andy Green, direktur proyek Richard Noble dan ahli aerodinamis Ron Ayres.

Trio itu tidak hanya merancang Bloodhound sebagai pemecah rekor, tapi juga sebagai proyek yang diharapkan mampu menginspirasi anak-anak untuk mau mempelajari mata pelajaran STEM (Sains,Teknologi, Engineering, Permesinan dan Matematika). Program Pendidikan Bloodhound diumumkan di Farnborough. Sementara itu,sekitar 1,5 juta siswa sekolah saat ini menggunakan sumber material kurikulum berdasarkan pada mobil supersonik.

Replika mobil itu dipamerkan dalam pertunjukan udara Farnborough pekan ini.Jika kendaraan sebenarnya memiliki berat enam ton,maka replika yang terbuat dari bahan polystyrene dan fiber glass itu memiliki bobot 950 kg. Para pengunjung juga akan berkesempatan melihat model tambahan aerodinamik yang dibuat tim desain sehingga Bloodhound menjadi mobil yang bisa dikendarai.

Sebelum mencapai titik itu, mobil itu memproduksi daya angkat dalam jumlah yang berbahaya pada kecepatan tinggi pada modelnya. Namun, dengan memainkan posisi dan bentuk elemen kunci bagian belakang mobil, tim desain menemukan solusi yang akan mengatur shockwave yang melewati di sekitar dan di bawah bagian kendaraan saat menjadi supersonik. Usaha ini dibantu oleh sponsor proyek ini, Intel.

Perusahaan chip komputer itu mampu membawa tenaga komputer yang besar untuk menyelesaikan masalah daya angkat. “Ini disebut konfigurasi 10,” papar Chapman.“Ini sangat kaku di belakang, mobil ini mendapatkan trek-bagian dalam yang sangat sempit. Antara November dan Maret, kami mengurangi 11 ton daya angkat menjadi 0- daya angkat di Mach 1,3. Pada titik ini, kami punya bentuk aerodinamik yang bisa Anda lihat di replika mobil itu. Mobil ini sangat stabil”. (uky)

Disalin dari: OKEZONE

Relevan Tags:

mobil berkecepatan tinggi (6), mobil kecepatan tinggi (4), mobil 1610 km (2), mobil dengan kecepatan tinggi (2), gambar mobil-mobil berkecepatan tinggi (1)
iklan

Leave a Reply