This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Jelang padusan, Umbul Ingas targetkan 15.000 pengunjung

Tulung (Espos) Pengelola Objek Wisata Umbul Ingas Klaten menargetkan menarik 15.000 pengunjung pada hari penyelenggaraan tradisi padusan sebelum memasuki bulan Ramadan tahun ini.

Target itu dikemukakan Pengelola Objek Wisata Umbul Ingas, Darmadi, saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (27/7). Dia mengaku yakin target jumlah pengunjung pada saat padusan itu akan tercapai mengingat fasilitas di objek wisata tersebut kini sudah lebih lengkap dari tahun-tahun sebelumnya.

Dia menjelaskan, realisasi jumlah pengunjung upacara padusan tahun lalu mencapai 10.000 orang. Padahal, kata Darmadi, saat itu Umbul Ingas masih dalam tahapan revitalisasi.

“Dulu kondisinya jauh berbeda dengan sekarang. Masih banyak bahan material bangunan di objek wisata ini. Sekarang pembangunan sudah selesai, fasilitas juga lebih komplet sehingga kami yakin target itu akan tercapai,” ujar Darmadi. Keyakinan Darmadi bertambah mengingat upacara padusan akan digelar pada Selasa (10/8) bukan hari Jumat sebagaimana tahun lalu.

Darmadi menjelaskan jumlah pengunjung Umbul Ingas pada hari Senin-Jumat rata-rata mencapai sekitar 300 orang. Sementara khusus hari Minggu, jumlah pengunjung melonjak drastis hingga mencapai sekitar 2.000 orang.

Para pengunjung tidak hanya datang dari Klaten tetapi juga dari daerah lain seperti Solo, Jogja, Boyolali, Sukoharjo dan lain-lain. “Tiket pada saat padusan relatif murah karena sama dengan hari-hari biasa yakni Rp 5.000 per pengunjung,” tandas Darmadi.

Darmadi menambahkan, pengelola menyiapkan sejumlah kegiatan seperti kirab budaya serta pementasan musik dangdut untuk memeriahkan upacara padusan tersebut. Upacara padusan sendiri akan diikuti oleh pasangan Mas dan Mbak Klaten terpilih. Keduanya akan disiram dengan menggunakan air yang bersumber dari Umbul Ingas oleh Bupati Klaten, Sunarna.

Hingga saat ini, Objek Wisata Umbul Ingas memilik beberapa fasilitas bermain seperti flying fox sejauh 80 meter, tiga kolam renang, satu kolam arus, waterboom setinggi sekitar 25 meter dan sepanjang sekitar 104 meter, ember tumpah dan lain-lain. – Oleh : Moh Khodiq Duhri

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Rabu, 28 Juli 2010 , Hal.VI


Relevan Tags:

obyek wisata umbul cokro (2), Event dangdut padusan (1), Event dangdut padusan 2012 (1), ingas (1), kapan grebeg dangdut padusan cokro 2012 di gelar? (1)
iklan

Leave a Reply