This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Jengkel, Petani Bakar Tanaman Padi

KLATEN – Putus asa dengan tanaman padi mereka yang tidak memberikan hasil maksimal selama hampir 6 kali masa tanam (akibat diserang wereng), petani di Kecamatan Trucuk, Klaten membakar tanaman padi mereka yang kering diserang wereng, Rabu (18/5).

Para petani mengaku, terpaksa harus membakar tanaman padinya, karena berbagai cara untuk mengusir hama wereng telah dilakukan, namun tanaman padi tetap dihabiskan oleh wereng. “Sudah dua tahun saya nombok, tidak ada hasil malah rugi,” keluh salah seorang petani asal Desa Mandong, Kecamatan Trucuk Gito Wiyono (75).

Menurutnya, berbagai usaha seperti penyemprotan dengan bahan kimia, agensi hayati dan terakhir dengan obat ramuan alami (campuran daun imba, gadung, tembakau, dsb), namun tetap tidak memberikan dampak yang berarti. Bahkan Gito yang memiliki lahan seluas 2000 meter persegi mengaku, tanaman padinya pernah langsung kering usai disemprot dengan pestisida.
Senada, seorang petani asal Desa Sajen, Kecamatan Trucuk Trimo Sunarso mengeluhkan hal yang sama. “Semua yang saya lakukan seperti tidak ada gunanya, sekarang justru tidak saya semprot dan saya biarkan saja,” terang Trimo.

Menurut Trimo yang juga sudah dua tahun tidak panen, dia pernah mencoba berganti tanaman dari padi ke tembakau, tetapi karena tanah telanjur rusak, tanaman tembakaunya pun tidak menghasilkan apa-apa.
Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Trucuk Daryanto memaparkan, sekitar 83 hektar lahan pertanian di Kecamatan Trucuk telah terserang wereng. Di antaranya adalah Desa Bero sekitar 20 hektar, Desa Mandong sekitar 15 hektar, Desa Mireng sekitar 10 hektar, dan Desa Karangpakel 5 Hektar. “Dari hasil pantauan kami, serangan masih ringan. Tetapi dari beberapa hari terakhir memang sudah meluas,” terang Daryanto.

Di sisi lain, Camat Trucuk Sutrisno mengatakan bahwa dirinya belum mendapatkan laporan rinci mengenai serangan wereng yang terjadi di 10 desa dari total 18 desa di Kecamatannya. “Saya belum mendapatkan laporan secara rinci terkait serangan hama wereng, termasuk juga laporan mengenai puso,” terangnya. (yas)

Disalin dari: Radar Jogja, 19 May 2011

Relevan Tags:

daun imba di jogja (1), Obat tanaman padi terserang percak daun blogspor com (1), www obattanamanpadi (1), www obattanamanpadi com (1)
iklan

Leave a Reply