This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Korupsi dana gempa Mantan Kades Jambu Kidul divonis 6 tahun

Klaten (Espos) Mantan Kepala Desa (Kades) Jambu Kidul, Kecamatan Ceper, Klaten, Wiyanti akhirnya divonis enam tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Kamis (19/5).
Wiyanti terbukti melakukan korupsi dana gempa senilai Rp 1,3 miliar. Selain itu, hakim juga menjatuhkan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kepada Wiyanti.

Kepala Kejaksaan Negeri Klaten (Kajari) Yulianita mengatakan sidang terakhir itu diikuti oleh seluruh jaksa penuntut umum (JPU). Jaksa, katanya, telah bekerja keras agar majelis hakim memberi vonis sesuai dengan tuntutan yang diajukan JPU yakni delapan tahun penjara. “Namun ternyata hakim memvonis enam tahun penjara ditambah denda Rp 200 juta. Terdakwa juga harus membayar uang pengganti Rp 596 juta,” kata Yulianita saat dihubungi Espos, Kamis (19/5).

Meski demikian, Yulianita mengaku cukup puas dengan keputusan tersebut. Sebab, vonis yang dijatuhkan sudah 2/3 dari tuntutan yang diajukan JPU.

Dalam persidangan, terungkap fakta bahwa Wiyanti terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi dalam kasus bantuan dana gempa yang diberikan pemerintah pada 2007 lalu. Aksi kejahatan Wiyanti, katanya, jelas melanggar Pasal 2 Ayat (1) UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor. “Jadi, kami merasa usaha keras Kejari dalam menegakkan hukum tidak sia-sia. Meski keputusan tidak sesuai dengan tuntutan, tapi kami bisa menerima.”

Saat ini, Kejari selaku JPU mengaku masih menunggu apakah terdakwa bakal mengajukan banding atau tidak. Sebab, pascakeputusan hakim, Wiyanti masih menyatakan pikir-pikir. Tapi, imbuhnya, Kejari Klaten telah siap jika nantinya Wiyanti melakukan banding. “Karena banding kan menjadi hak terdakwa yang juga harus dihormati,” paparnya.

Terpisah, Koordinator Kawula Alit Pemberantas Korupsi (KPK) Desa Jambu Kidul Wahyu Wijayanto mengaku puas dengan keputusan pengadilan Tipikor. Dengan adanya vonis tersebut secara kuat menyatakan bahwa Wiyanti bersalah dalam kasus yang dia laporkan.

“Kami mengapresiasi penegak hukum dalam menangani kasus ini. Jadi apa yang sudah dilakukan warga selama ini tidak sia-sia. Karena sudah bertahun-tahun kasus tindak pidana korupsi bantuan gempa dikawal warga,” ujarnya. – Oleh : asa/oto

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Jum’at, 20 Mei 2011 , Hal.V


Relevan Tags:

kepala desa jambu kidul yang korupsi (2)
iklan

Leave a Reply