This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Layanan Jamkesda terhenti, warga miskin kebingungan

Klaten (Espos) Sebanyak 20.250 keluarga miskin (Gakin) di Klaten, mulai Kamis (10/3), tak lagi bisa memanfaatkan layanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Pasalnya, hingga berakhirnya kontrak asuransi Jamkesda dengan PT Askes, Rabu (9/3) lalu, Pemkab setempat belum menemukan rekanan pengganti.

“Kami belum tahu sampai kapan ada rekanan penggantinya. Mungkin sekitar sebulan ke depan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten, dr Ronny Roekmito, Jumat (11/3).

Rony menjelaskan PT Askes saat ini tak lagi diperbolehkan mengikuti lelang Jamkesda. Penyebabnya aturan yang baru tidak membolehkan perusahaan asuransi nirlaba milik pemerintah untuk ikut proses lelang. “Karena PT Askes ialah BUMN pelayanan asuransi nirlaba.”

Akibat kosongnya rekanan pengelola Jamkesda tersebut, warga miskin pemegang kartu Jamkesda yang ingin berobat harus merogoh kocek mereka sendiri. Kondisi tersebut bakal terus berlangsung sampai ada rekanan yang memenangkan lelang Jamkesda.

“Sebenarnya sudah kami ajukan lelang. Namun, karena peserta lelang hanya ada dua instansi, jadi terpaksa kami batalkan dan harus diulang lagi sampai ada rekanan lainnya,” jelasnya.

Dipangkas

Di sisi lain, Pemkab Klaten juga memangkas kuota peserta Jamkesda. Hal ini sebagai langkah antisipasi atas minimnya anggaran yang ditetapkan tahun anggaran ini. Jamkesda hanya dialokasikan Rp 2,7 miliar.

“Pengurangan kuota Jamkesda tahun 2011 mencapai hampir 50 persen. Tahun 2010 lalu kuota Jamkesda mencapai 40.000 jiwa, maka untuk tahun 2011 hanya 20.250 jiwa,” paparnya.

Meski demikian, pihaknya akan mengupayakan pengalihan  peserta yang tidak masuk dalam layanan Jamkesda tersebut ke program layanan Jamkemas. “Kami akan mengacu pada data BPS (Badan Pusat Statistik-red),” jelasnya.

Salah seorang warga pemegang Jamkesda, Siti Latifah Hanung mengaku sangat kerepotan sejak kartu Jamkesda miliknya tak lagi berlaku. Pasalnya, warga RT 1/ RW IX, Kelurahan Gegunung, Klaten Utara tersebut memiliki putera yang harus menjalani kontrol rutin sebulan sekali. – Oleh : asa

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Sabtu, 12 Maret 2011 , Hal.V


Relevan Tags:

pelayanan kartu keluarga klaten online (2), askes untuk warga miskin (1), daftar peserta jamkesda pengganti tahap II kab klaten (1), masyarakat miskin (1)
iklan

Leave a Reply