This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Suryo Sumanto, Bapak Artis Film Indonesia

Artis Film yang dikenal sebagai Bapak Artis Film Indonesia. Juga aktif sebagai wartawan, seniman, dan sastrawan, lahir di Klaten Jawa Tengah 15 September 1918 dan meninggal di Jakarta 13 Juli 1971. Anak Raden Ngabehi Mangunsuromo, salah satu kakaknya, SK. Tri Murti adalah seorang tokoh pers Nasional dan tokoh politik.

Dia hidup di zaman penjajahan Belanda dan bekerja sebagai guru Neutraalschool Delanggu, Verslaggeyex in die Bode di Klaten. Kemudian dengan nama samaran Sumantri, dia bekerja sebagai wartawan .Freelance dan aktif dalam perkumpulan dengan jabatan sebagai ketua cabang Klaten serta menjadi ketua Perda, ia juga duduk sebagai anggota rombongan seniman Merdeka yang turut aktif berpropaganda untuk mencapai kemerdekaan.

Sesudah Jepang menggantikan kedudukan Belanda, dia memusatkan perhatian di bidang kebudayaan pada bagian film, sandiwara dan tari menari dan sebagai pemimpin apabila ada pertunjukan keliling. Dia ditempatkan pada bagian pers dan propaganda di Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA) dan di Jawa Hokokai ia ditugaskan sebagai pembantu.umum latihan kebudayaan Sendenbu.

Setelah Indonesia merdeka, ia menduduki jabatan sebagai anggota pimpinan Pers dan Propaganda Jawatan V, anggota berani dengan pangkat Kapten pada Kementerian Pertahanan, Ketua Umum Badan Permusyawaratan Sandiwara Indonesia (Bapersi), anggota redaksi majalah tentara, majalah dan Harian Patriot di Yogyakarta, anggota redaksi majalah kebudayaan Arena sebagai pemimpin perkumpulan sandiwara amatir Sekar Hati, anggota sandiwara Ganesha, pendiri Perfini, anggota direksi Lembaga Kebudayaan, wakil ketua seksi film dan sandiwara.

Tahun 1961, ia menjabat sebagai Ketua Umum Parfi (persatuan Artis Film Indonesia), sampai meninggal statusnya menjabat sebagai anggota Dewan Film, sehingga ia lebih dikenal sebagai Bapak Artis Film Indonesia.

Disalin dari: http://prov.jakarta.go.id/jakv1/encyclopedia/detail/3087

Relevan Tags:

tokoh pers di indonesia (12), film somanto (3), flm sumanto (3), film sumanto (3), Suryosumanto (3)
iklan

1 Comment

  1. […] Suryo Sumanto, Bapak Artis Film Indonesia […]

Leave a Reply