This option will reset the home page of BAMS WONG KLATEN restoring closed widgets and categories.

Reset BAMS WONG KLATEN homepage

Taman Rekreasi Deles Indah mangkrak

deles-indah-klaten-2Kemalang (Espos) Sejumlah fasilitas Taman Rekreasi Deles Indah di Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, Klaten, mangkrak karena tidak maksimalnya perawatan dari objek wisata yang berada di kaki Gunung Merapi ini.

Pantaun Espos di taman rekreasi di kawasan itu, Senin (19/4), tampak sepi pengunjung. Tumpukan sampah dedaunan tampak berserakan di mana-mana. Coretan-coretan cat semprot dan spidol menghiasi permukaan dinding kantor pengelola. Tidak ada seorang pun yang bisa ditemui di kantor yang tampak tidak terawat itu.

Tak hanya itu, sejumlah fasilitas bermain yang berada di kawasan objek wisata itu tampak tak beraturan dan dipenuhi rumput yang kelewat subur. Bahkan, gardu pandang yang ada di lokasi juga tidak terpeliharan sebagaimana mestinya.

Camat Kemalang, Suradi mengatakan, Taman Rekreasi Deles Indah pernah direnovasi sekitar tahun 1985 silam. Objek wisata yang berada pada ketingian antara 800-1.300 meter dari atas permukaan laut itu menawarkan keindahan panorama alam bagi wisatawan. Melalui gardu pandang, wisatawan dapat melihat langsung puncak Gunung Merapi. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan tempat-tempat lain seperti bekas pesanggrahan Pakoe Boewono X, makam Kiai Mloyopati, Sendang Reno, Taman Pring Cendani, dan Gua Sapuangin.

Akan tetapi, diakui Suradi, pihak Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) selaku pengelolaan objek wisata itu tidak pernah merawat fasilitas objek wisata tersebut. Padahal, sambung dia, seandainya dikelola dengan maksimal maka objek wisata ini mestinya bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) yang tidak sedikit jumlahnya bagi Pemkab Klaten.

“Hampir sebagian besar fasilitas hiburan di kawasan Objek Wisata Deles Indah tidak terawat. Padahal, jika dikelola dengan maksimal objek wisata ini tidak kalah dengan Kaliurang di Sleman,” tutur Suradi didampingi Sekretaris Camat, Bambang Haryoko saat ditemui wartawan di kantornya. – Oleh : q mkd

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 20 April 2010 , Hal.VII


Relevan Tags:

deles indah (172), deles indah klaten (52), deles klaten (50), wisata deles klaten (10), wisata deles indah klaten (8)
iklan

Leave a Reply